Kawasan Adat Ammatoa

Kawasan Adat Ammatoa
RachmatAlamsyah.com - Terletak di Desa Tanah Towa Kecamatan Kajang, berjarak 56 Km dari Ibu Kota Bulukumba. Kawasan ini tampak unik dan berbeda dengan daerah lainnya.Keteguhan masyarakatnya berpegang pada pesan-pesan leluhurnya yang disebut PASSANGNGA RI KAJANG membuat keaslian Budaya dan Alamnya tetap bertahan. Masyarakatnya taat pada peraturan adat. Pola kehidupannya sangat sederhana, pakaiannya serba hitam, bangunan rumahnya seragam dan semuanya menghadap ke utara. Masyarakat kawasan adat Amma Towa sampai sekarang mempertahankan kelestarian hutan. Menurut pesan leluhur mereka pantang merusak hutan. Bila ada yang melanggar aturan adat atau pesan leluhur maka akan dikenakan sanksi yang diputuskan melalui musyawarah adat yang terdiri dari adat Lima Karaeng Tallu.
 
Di kawasan ini terdapat berbagai ritual-ritual adat yang sering dilaksanakan oleh masyarakat setempat serta atraksi seni seperti musik tradisional Basing-Basing yang didalam memainkannya diiringi dengan lagu yang syairnya berisi pesan tentang kehidupan. Selain itu terdapat pula seni tari Pabitte Passapu yang menggambarkan permainan sabung ayam. Daerah ini dipimpin oleh seorang pemimpin adat yang bergelar AMMA TOWA. Sebagai seorang pemimpin spiritual oleh pengikutnya maka dianggap sebagai orang suci dan kepemimpinannya seumur hidup. Memasuki kawasan ini anda diwajibkan menggunakan pakaian hitam sebagai tanda penghargaan dan rasa persaudaraan.

Kawasan Adat Ammatoa

Demikian Info mengenai Kawasan Adat Ammatoa,salah satu kawasan terisolir di Desa Kajang,dimana yang bermukim dikawasan tersebut ada masyarakat asli penduduk sana yang jauh dari Moderenisasi dunia luar,mereka hidup didunia mereka sendiri dengan perlengkapan dan pakaian yang terbatas dan masih bersifat alami.

Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Kawasan Adat Ammatoa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.