Pantai Samboang

Pantai Samboang

Panorama Pantai Samboang

RachmatAlamsyah.com - Pantai Samboang terletak di Desa Eka Tiro Kecamatan Bonto Tiro. Panorama yang indah dan lekukan bibir pantai yang landai, serta terumbu karang yang tak jauh dari pantai, menjadikan Samboang berbeda dengan objek wisata pantai lainnya. Di tempat ini pula terdapat pulau kecil yang telah dihubungkan dengan titian sepanjang 20 meter. Bagi wisatawan yang gemar memancing di tempat inilah dapat menyalurkan hobby. Kini samboang telah berkembang sangat pesat karena pembangunan villa-villa dipinggir pantai yang pertama kali digagas oleh hamdan purnama,kebanyakan villa tersebut milik penduduk kalumpang namun jika ada pengunjung yang ingin beristirahat bisa disewakan kepada pengunjung tersebut.
Pantai Samboang
Pantai ini dalam tahap rehabilitasi pembangunan guna memprindah pantai,pada sore hari kita dapat menyaksikan indahnya sunset dengan penuh ,sedangkan pada pagi hari kita dapat menyaksikan sunrise yang indah,saat ini sudah berdiri sekitar 20 an lebih unit villa di pinggir pantai yang akan semakin bertambah kedepan karena pembangunannya terus berjalan ditunjang dengan jalan yang telah di renovasi sehingga untuk menjangkau pantai ini hanya butuh beberapa Menit saja dari kecamatan.

Profil Kalumpang Samboang

Kalumpang samboang memiliki luas wilayah adalah merupakan bagian dari wilayah desa tritiro . tapi secara geografis kalumpang samboang terpisah dari desa karena berada pada jarak kurang lebih  800 meter yang diantara oleh hutan yang bisa di tempuh kurang lebih30 menit dengan berjalan kaki 10 menit dengan naik motor  kalumpang samboang berada pada bagian timur desa tritiro yang terletak di pesisir pantai teluk bone.

1. Jumlah penduduk kalumpang samboang 199 jiwa :
     - 97  laki- laki
     - 102 perempuan
     - Jumlah  KK. 61 

2. Tingkat pendidikan
      - Belum sekolah 24 orang
      - Tidak tamat SD 17 orang
      - Tamat  SD 73 orang
      - Tamat  SLTP/sederajat 32 orang
      - Tamat SLTA/sederajat 27 orang
      -  Pelajar 15 orang

3. Mata pencaharian
       - Petani 12 orang
       - Nelayan 43 orang
       - PNS 2 orang
       - Tukang kayu 41 orang
       - Perantau 10 orang
       - Pengrajin 24 orang

Demikian sedikit ulasan tentang pantai dan Profil Kalumpang Samboang ,semoga uraian diatas bermanfaat dan menjadi bahan inspirasi layak uji bagi pembaca sekalian.
Salam Turatea !

Rachmat Alamsyah
Rachmat Alamsyah Updated at:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

1 komentar so far. What are your thoughts?

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.

 
back to top