Pembuatan Perahu Tradisional Phinisi

Pembuatan Perahu Tradisional Phinisi
RachmatAlamsyah.com - Dari ibukota kabupaten bulukumba, pada kilometer 24 banyak bangunan kapal yang memenuhi pinggiran pantai tanah beru. Di samping itu akan terlihat pula kapal-kapal pinisi dan perahu tradisional lainnya yang berlabuh di musim timur. Tanah beru merupakan simbol kabupaten bulukumba sebagai bumi panrita lopi. Di tempat inilah perahu pinisi nusantara yang mengaruhi samudra pasifik berlayar ke vancouver Canada, Amanagappa berlayar sampai ke madagaskar serta hati merege dan Damar sagara berlayar ke australia dan negeri sakura jepang dibangun. Kepandaian masyarakat bonto bahari membuat perahu merupakan perpaduan antara keahlian teknis dan keahlian magis.
 
Proses Pembuatan Perahu Tradisional Phinisi
Kemampuan membuat perahu merupakan karya budaya legendaris. Konon ketika tokoh legendaris sulawesi selatan yakni sawerigading gagal dalam pelayarannya dimana perahu dilanda badai dan pecah di sekitar perairan Bira. Pecahan-pecahan itu terbawa arus dan terdampar di berbagai pelabuhan. Kepingan badan perahu terdampar di pelabuhan ara dan sambungan lunas terdampar di lemo-lemo sedangkan tali temalinya terdampar di Pantai Bira. Hal inilah yang mengilhami kelahiran dan kebangkitan kebaharian orang-orang Bulukumba. Masyarakat Ara dan Lemo-Lemo, ahli dalam pembuatan perahu tetapi mereka bukan pelaut ulung sebaliknya orang Bira ahli dalam pelayaran tetapi mereka tidak ahli dalam pembuatan kapal.
Berada di tempat ini dapat terlihat kepiawaian masyarakat bonto bahari membuat kapal/perahu tradisional dengan konstruksi kayu dan peralatan tradisional pula. Setiap pembuatan perahu ditandai dengan upacara tradisional, yang spesifik. Uniknya setiap bagian kapal sarat dengan falsafah. Ketika berada di tempat ini akan terdengar bunyi alat-alat yang menyatu dengan deburan ombak yang mendesir di pantai tanah beru. Dari sini anda dapat melanjutkan perjalanan ke bira atau tempat wisata lainnya di Bulukumba.

Demikian Informasi mengenai Pembuatan Perahu Tradisional Phinisi yang ada di Desa Tanah Beru Kec.Bontobahari,Semoga Bermanfaat buat pembaca .

Artikel Terkait

Pembuatan Perahu Tradisional Phinisi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.