Google Sandbox dan Cara Mengatasinya

  
Google Sandbox

Rachmatalamsyah.com - Siapa yang tak mengenal Google Sandbox, pasti sobat blogger yang biasa mengurus blog tau tentang Google Sandbox tapi apabila sobat masih belum tau, sobat bisa baca dari artikel ini.Tapi kali ini mau saya mau bercerita dulu. Sebenarnya blog ini baru terkena Google Sandbox sekitar 3 hari yang lalu, gara-gara saya melakukan optimasi berlebihan, pada awalnya saya hanya berkomentar di blog-blog Pagerank tinggi dan visitor blog saya masih lumayan sekitar 5000 visitor, akan tetapi setelah berganti hari saya curiga dengan widget online Histats saya, yang biasanya sekitar 200-300 online turun hingga 30-50 yang sedang online, kemudian saya cek pada pageview MyWapBlog ternyata juga turun juga, akan tetapi untung Alexa Rank blog saya belum sempat naik. Usut punya usut ternyata postingan saya dipenjara oleh Google alias terkena Google Sandbox, makanya menghilang dari peredaran. Mungkin itu cerita saya, kembali ke topik pembicaraan.

Apa Yang Dimaksud Google Sand
box?


Jika diartikan secara kasar Google Sandbox berarti penjara pasir, alias artikel atau postingan kita terhisap oleh pasir. Tapi kalau menurut Wikipedia yang sudah saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia adalah :
  1. Sandbox (atau Sandboxing, atau penalti dari Google) adalah istilah yang diberikan untuk cara kerja Google melakukan penyusunan rangking di indexnya. Google Sandbox masih banyak di perdebatkan dan istilah ini muncul pertama kali di tahun 2004 akan tetapi belum ada pernyataan resmi tentang kontroversi tersebut.
Walaupun masih kontroversi, menurut saya Google Sandbox itu memang ada sudah terbukti di blog ini, posting yang biasa di halaman pertama Google terlempar jauh entah ke halaman berapa.
Jika sobat ingin mengetahui apakah postingan atau artikel sobat terkena Google Sandbox atau tidak, sobat bisa cek menggunakan tools berikut ini :

Penyebab terkena Google Sandbox

Setelah saya mencari di berbagai sumber di Google, saya simpulkan penyebab Google Sandbox adalah :
  1. Melakukan optimasi yang terlalu over atau berlebihan.
  2. Terlalu banyak ping yang di submit dalam sehari.
  3. Terlalu banyak backlink yang masuk.
  4. Artikel copas atau plagiat, karena tidak ada sumbernya.
  5. Terlalu banyak mengulang kata yang sama.
Jadi saya menyimpulkan sobat jangan pernah melakukan optimasi berlebihan pada blog, karena Google tidak suka hal yang berlebihan dan menganggap blog kita sebagai spam.

Ciri-ciri terkena Google Sandbox

Perlu diketahui, terkena Google Sandbox bisa dibagi menjadi dua. Pertama Google Sandbox pada domain, jika ini yang terjadi maka seluruh artikel kita akan menghilang dari peredaran, yang kedua adalah terkena Google Sandbox pada artikel, bisa 1 artikel ataupun beberapa artikel.Google Sandbox berbeda dengan Google Banned dimana jika kita terkena Google Sandbox, artikel atau blog kita masih bisa ditemukan dengan melakukan pencarian yang menggunakan sintaks khusus supaya lebih spesifik, sobat bisa mengeceknya dengan dok site atau bisa diganti dengan alamat blog sobat,Ciri-ciri atau indikasi terkena Google Sandbox lainnya adalah, jika blog atau artikel kita sebelumnya menguasai beberapa keyword di page one dan kemudian hilang entah kemana maka bisa dipastikan artikel tersebut terkena Google Sandbox.

Cara Mengatasinya

  1. Hal pertama yang anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Bila perlu berdoa juga agar cepat terbebas dari hukuman.Untuk sementara waktu, jangan melakukan optimasi terhadap halaman blog yang kena google sandbox.
  2. Lakukan edit artikel yang terkena hukuman google sandbox. Perhatikan dan teliti artikel tersebut. Apa yang patut di kurangi dan di tambahkan.
  3. Posting seperti biasa setidaknya sehari 1 posting dan menulis artikel yang berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox serta jangan lupa untuk memberikan inbound link ke artikel yang terkena sandbox tersebut.
  4. Tetap posting seperti biasa. Minimal satu hari 1 artikel.Buat sebuah artikel artikel pembantu yang menyertakan link artikel yang terkena google sandbox tersebut. Dan bila perlu sertakan juga link atau beberapa alamat blog atau web yang ber-PR tinggi.
  5. Membuat artikel tentang google sandbox dan memberikan link ke google.com.
  6. Lalu ping blog utama anda agar google cepat re-index blog anda.
  7. Jangan lupa juga untuk submit feed di webmaster agar konten blog dapat di crawl ulang secara keseluran oleh mesin pencari.
Setelah tips diatas dilakukan oleh sobat, silahkan tunggu selama sekitar 3 - 7 hari di google. Semoga blog ini pertama dan terakhir terkena dampak dari Google Sandbox, Terimakasih

Artikel Terkait

Google Sandbox dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 komentar:

  1. tapi kenapa saya cek detik.com dan facebook.com yang pengunjungx jutaan per hari, kedua web tersebut terkena google sandbox tp ko trafficx gk turun juga tuh.

    ReplyDelete
  2. bisa langsung di tes nih caranya
    makasih ya

    ReplyDelete
  3. Nyesel banget.. Kena google sandbox.. Thanks banget atas informasi yah bro... Kira2 kenapa sandbox berapa lama yah?

    ReplyDelete
  4. lamanya itu paling cepat 1 minggu gan,pling lama bisa 1 bulanan

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.