Operator Sekolah (OPS)

Operator Sekolah (OPS)
Operator Sekolah (OPS)
Operator Sekolah (OPS) - Operator Sekolah adalah sekumpulan individu yang dibekali keahlian IT di Sekolah mulai dari penguasaan dasar-dasar tentang komputer,cara memperbaiki komputer/laptop, menguasai sistem online/internet dan yang paling utama mampu mengurus data-data pendidikan (terutama data sekolah).

Untuk mendukung pekerjaan Operator Sekolah tentunya wajib memiliki peralatan-peralatan yang dapat membantunya untuk bekerja seperti perangkat keras laptop atau komputer tentunya, Printer, USB Flash Disk, CD,Hardisk Eksternal jika dibutuhkan dan beberapa software-software pendukung perawatan/perbaikan laptop. Untuk menjadi seorang Operator Sekolah pun tidaklah mudah terdapat kriteria khusus untuk menjadi seorang Operator Sekolah.

Kriteria Khusus Operator Sekolah :

  1. Mengerti dan paham tentang apa itu data dan cara input dapat
  2. Mahir mengoperasikan Software Pengolah data seperti Microsoft Office Excel (2003-2013), ataupun Software sejenis yang bisa membuka file Excel.
  3. Mengerti dan paham sistem yang ada dalam pendataan baik itu Dapodik maupun Padamu Negeri setidaknya ada keinginan untuk mau belajar memamahami.
  4. Terakhir tentu mahir mengoperasikan komputer/laptop,Memahami sistem Backup data,Upload Data serta mahir Instal dan uninstal aplikasi pendataan.
  5. Fisik dan Mental yang kuat,Mengapa saya katakan begitu karena Operator Sekolah akan bekerja di depan laptop Siang dan Malam hari dan biasanya menunggu datanya terkirim hingga larut malam bahkan sampai pagi dan juga Operator Sekolah harus Siap mental untuk menghadapi cemohan atau luapan kemarahan seumpama terdapat kesalahan data disekolah.

Nah itulah sedikit beberapa poin kriteria ataupun syarat yang mesti di kuasai minimal di pelajari oleh  seorang Operator Sekolah. khusus untuk Operator sendiri ada dua Macam sekolah yang wajib untuk diinput agar selalu update jika ada perubahan yang terjadi disekolah yaitu data DAPODIK dan PADAMU NEGERI. Adapun tugas dan wewenang Operator disini pada dasarnya sama yaitu hanya menginput semua Data yang ada disekolah.

Untuk mengetahui perihal perbedaan Antara DAPODIK dan PADAMU NEGERI Silahkan Baca disini : Perihal Perbedaan antara Aplikasi DAPODIK dengan PADAMU NEGERI


Tugas Operator Sekolah pada Data DAPODIK :

  1. Menginstal Aplikasi Peng-input Data Sekolah yang disebut dengan Aplikasi Dapodikdas, termasuk melakukan Update Aplikasi apabila aplikasi mengalami pembaruan biasanya Per-semester. 
  2. Meng-input semua data Sekolah mulai dari Data Sekolah,Kepala Sekolah,PTK,Peserta Didik Tenaga Honorer,dan Penjaga Sekolah,jadi disini secara garis besar Tugas Operator hanya sebagai Peng-input data bukan Pengolah data (kecuali Operator Oleh kepala sekolah.
  3. Setelah melakukan Peng-inputan data melalui aplikasi Aplikasi Dapodikdas yang telah di instal pada Laptop Operator Kemudian melakukan tugas Meng-upload data ke Server Kemdiknas sebagai Pusat Data.
  4. Mencetak / Print Out Profil Sekolah Sebagai Hasil Laporan Pengerjaan.
  5. Melakukan Koreksi Data Jika Ada Kesalahan/Perbaikan Data Sekolah kemudian mengupload    kembali ke Kemdiknas.

Tugas Operator Sekolah pada Data PADAMU NEGERI :

  1. Membuat email sekolah untuk reset password jika password akun sekolah lupa.
  2. Mengaktifkan akun sekolah sesuai surat aktivasi akun sekolah yang dibagikan.
  3. Menerima formulir A01 dari PTK yang sekolah induknya di sekolah tersebut.
  4. Memverifikasi formulir dengan dokumen lampiran yang dipersyaratkan. Jangan segan-segan   menolak dan meminta revisi ke PTK jika tidak sesuai.
  5. Mengisi form aplikasi sesuai formulir yang telah diverifikasi tadi.
  6. Mencetak surat tanda bukti input data yang juga memuat akun aktivasi PTK yang bersangkutan.
  7. Menyerahkan surat aktivasi akun PTK ke PTK yang bersangkutan.
  8. Menyimpan berkas yang diserahkan PTK ke TU Sekolah.

Untuk Data Padamu Negeri ini tidak semua data wajib dikerjakan oleh Operator tetapi terdapat beberapa orang yang berwenang didalamnya mengingat pada lama PADAMU NEGERI sendiri terdapat beberapa Login seperti :Login LPMP, Login Operator Dinas, Login Operator Sekolah, Aktivasi dan Login PTK, Aktivasi dan Login Siswa, Serta Login Sekolah. karena banyaknya Login yang terdapat pada data ini maka biasanya di sebut sebagai Multi Login.

Demikian mengenai Operator Sekolah ,sebagai tambahan operator sekolah juga bertugas dalam melakukan Pelaporan Dana BOS sekolah,EMIS dlln ( dlln disini tak jarang ada beberapa sekolah yang Gurunya banyak yang belum bisa dengan Laptop masih mengandalkan OPS untuk menyelesaikan Tugasnya ). Harapan terbesar Operator Sekolah di tahun 2015 ini adalah REALISASI ANGGARAN HONOR OPERATOR SEKOLAH dari Pemerintah mengingat beban kerja yang berat dan tugas mulia yang di emban oleh OPERATOR SEKOLAH.

 Baca Juga Honor Operator Sekolah Tahun 2015.

" Salam Satu Data "

Artikel Terkait

Operator Sekolah (OPS)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.