Apa saja yang baru dari Aplikasi Dapodik V.2016 ? (Pra-Rilis)


Rachmatalamsyah.com - Pada tahun Pelajaran 2016/2017,Berita tentang penyatuan Aplikasi Dapodikdas tinggal menunggu waktu Rilisnya, Setelah sebelumnya kita menggunakan Aplikasi Dapodik untuk tingkat SD,SMP dan SLB serta Aplikasi Dapodikmen untuk Jenjang SMA dan SMK, Pada Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2016/2017 keduanya kini di Integrasikan dalam Satu Aplikasi Dapodik Generasi Ke-5 V.2016.

Seperti halnya yang telah di informasikan secara resmi melalui portal Data Pokok Pendidikan secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar sekaligus menengah yakni SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, Operator Dapodikdi Seluruh Nusantara bahwasanya Aplikasi Dapodik 2016 merupakan pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodikmen SMA/SMK.  Sehingga, aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Lalu, apa saja penambahan fitur / fungsi baru dan pembaruan di aplikasi dapodik V.2016 SD, SMP, SMA, SMK dan SLB, Silahkan baca pada artikel berikut ini :

1. Satu Aplikasi digunakan Untuk Semua satuan Pendidikan 

Aplikasi Dapodik V.2016 ?

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Aplikasi Dapodik V.2016 ini akan digunakan untuk semua satuan pendidikan karena sebelumnya sudah ada pengumuman untuk pengintegrasian Aplikasi Dapodik yang sebelumnya memiliki 2 versi berbeda.

2. Tampilan Baru, Fresh dan Lebih Berwarna

Aplikasi Dapodik V.2016

Sekilas dari tampilan Aplikasi Dapodik V.2016 ini mirip seperti website yang memliki menu yang berada di Bagian Kiri Aplikasi, dengan tampilan desain berwarna yang ceria dan nyaman. Cukup berbeda dengan Aplikasi terdahulu dimana menunya berada pada bagian atas.

3. Registrasi Online dan Offline


Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik V.2016 sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik 2016 dan melakukan registrasi ulang kembali. Nah untuk Registrasi saat ini bisa dilakukan dengan 2 Cara yaitu Registrasi Offline dengan Data Prefill dan Online dengan Kode Registrasi.

4. Selain ketiga Pembaruan diatas Masih Banyak Pembaruan yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu, tetapi Pembaruan lainnya dapat dilihat pada Panduan singkat aplikasi Dapodik V.2016 Pra Rilis untuk tahap pengenalan agar kita lebih siap dalam proses pengerjaan nantinya, download buku panduan singkat aplikasi Dapodik V.2016 pra rilis dapat didownload langsung dengan klik Link ini PANDUAN SINGKAT APLIKASI DAPODIK V.2016 .

5. Sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik V.2016 nantinya, setiap sekolah perlu mempersiapkan sarana input data serta mempersiapkan segala hal yang mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) dengan menggunakan format formulir untuk diinput datanya oleh masing-masing operator  sekolah di Aplikasi Dapodik V.2016 nantinya. Adapun format formulir tersebut saat ini telah disiapkan Dirjen Dikdasmen yang dapat diunduh langsung pada link ini FORMULIR DAPODIK V.2016.

Setelah aplikasi Dapodikdas V.2016 dirilis resmi nantinya, maka installer aplikasi Dapodik V.2016 yang kemungkinan juga akan disertakan juga Panduan Manual Aplikasi Dapodik V.2016 diunduh langsung dari situs resminya pada URL  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

Sekian Dahulu mengenai Aplikasi V.2016 yang telah lama kita tunggu kehadiran terutama bagi teman-teman Operator Sekolah. Semoga Bermanfaat dan Salam Satu Data !

Artikel Terkait

Apa saja yang baru dari Aplikasi Dapodik V.2016 ? (Pra-Rilis)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.