Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017

Rachmatalamsyah.com - Artikel ini adalah lanjutan dari Artikel " Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017 " yang telah saya tulis sebelumnya karena jika disambungkan akan memuat halaman yang cukup Panjang, Baik Setelah  semua  tahapan  Persiapan  instalasi  dilakukan,  maka  langkah selanjutnya  adalah  melakukan  Instalasi  dengan  menjalankan  file  full installer  yang telah  diunduh. Panduan  ini  menggunakan aplikasi  dapodik V.2016. 

Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
Proses  instalasi  dengan  status  normal  akan  berlangsung  cukup lama yaitu sekitar 15 menit. Langkah-langkah Instalasi disini hampir sama dengan Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016. Selengkapnya ikuti langkah langkah sebagai berikut:

Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017


1) Siapkan  file  installer  yang  sudah  diunduh.  Sebelum  melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya yang sedang berjalan di Komputer atau Laptop anda.



2) Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “ Yes ” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “ Run Anyway ”.

3) Selanjutnya  akan  ditampilkan  tampilan  jendela  aplikasi Dapodik, pilih “ Lanjut ”.


4) Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “ Saya Setuju ” dan klik “ Lanjut ”.


5) Selanjutnya pada jendela “ Pilih lokasi tujuan ” dan secara default otomatisakan   mengarahkan   lokasi   instalasi  di  “ C:\Program Files(x86)\Dapodik ”. Pilih “ Lanjut ”.


6) Pilih  folder Start Menu.  Secara  default,  sistem  akan  otomatis mengisi “ Dapodik”. Pilih “ Lanjut ”.

7) Masuk  ke  jendela  persiapan  memasang  aplikasi Dapodik,  klik “ Pasang ” untuk memulai proses instalasi aplikasi.


8) Proses  instalasi  aplikasi Dapodik  sedang  berjalan.  Tunggu  hingga proses pemasangan ini selesai.


9) Untuk   mengakhiri   proses   pemasangan   aplikasi Dapodik,   klik “Selesai”.


10) Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.

Baik sampai pada Poin 10 ini anda telah berhasil melakukan Instalasi Dapodik Versi 2016, Namun yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah " Melakukan Registrasi " Perbedaan  registrasi  pada  aplikasi  versi  2016  adalah  pada  fungsinya. Proses registrasi yang sebelumnya sebagai proses tambah data pengguna (operator   sekolah)   kini   berubah   fungsinya   menjadi   verifikasi   data pengguna.Username dan password harus terdaftar sebelumnya di server Dapodik semester  sebelumnya serta  harus  cocok  dengan  kode  registrasi milik sekolah. Contoh seperti gambar dibawah ini :


Proses  registrasi  di aplikasi Dapodik versi 2016 dapat dilakukan secara onlline atau offline. Tetapi saya menyarankan agar anda melakukan Registrasi Secara Online karena untuk efisiensi waktu dan juga kita tidak menggunakan File Prefill, dengan Cukup dengan menginputkan   data Username, Password dan kode Registrasi yang tepat maka proses registrasi dapat dilakukan.Proses registrasi online kurang lebih berlangsung selama 5 menit jika koneksi internet lancar. Seperti Gambar Berikut tunggu Hingga ada Notifikasi " Sinkronisasi Selesai ". Kalau Anda Mengalami Lalod saat Registrasi ( Lagi Banyak Register Soalnya kan Masih Baru) Tunggulah sampai Tengah Malam kamu Bisa Begadang sampai pagi untuk Registrasi Paling Cepat Jam-jam 3 an Pagi atau setelah Ba'da Shubuh  itupun kalau teman2 OPS sempat Shalat Shubuh Hehehe..

Catatan :
  • Registrasi Offline lebih mudah lagi karena Cukup Tempelkan File Prefill di My Computer > System (C:) lalu lakukan Registrasi Seperti biasa, Cukup 1 Menit Pasti sukses.

 "Tandai hijau kembali berulang berkali-kali? berarti Anda Belum Beruntung"wkwk

 Selanjutnya anda akan di Arahkan ke Halaman Login Aplikasi Dapodik V.2016. Loginlah seperti biasa Masukkan Username,dan Password yang sudah berhasil diregistrasikan lalu Klik " Masuk ".

Selesai anda sudah dapat menggunakan Aplikasi Dapodik V.2016,Tahun Pelajaran 2016/2017 yang baru, Siap untuk Input kembali data-data Sekolah anda yang Harus di Input atau di Perbaharui, Untuk Info selengkapnya saya sarankan anda membaca Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016

Demikianlah tentang Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017, Apabila ada yang Kurang dimengerti silahkan Bertanya lewat Kolom Komentar dibawah ini. Semoga Bermanfaat dan Salam Satu Data.

Butuh Formulir Pendataan Baru ? Silahkan baca disini : FORMULIR PENDATAAN DAPODIK V.2016.

Sumber : Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016

Artikel Terkait

Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.