Cara Tepat Memotong Kayu Dengan Gergaji Tangan

Cara Tepat Memotong Kayu Dengan Gergaji Tangan
Cara Tepat Memotong Kayu Dengan Gergaji Tangan
Rachmatalamsyah.com - Memotong kayu dengan gergaji tangan memang terlihat mudah dilakukan. Namun sebagai pemula, ada beberapa kesalahan dalam menggunakan gergaji saat memotong kayu. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah tidak memegang gergaji pada posisi yang benar.

Meski Anda sudah memilih gergaji yang tepat pada toko Gergaji untuk pekerjaan pemotongan kayu, Anda toh tetap harus mempelajari bagaimana penggunaannya, agar proses pemotongan cepat selesai dengan hasil sesuai harapan.

Lalu bagaimana cara tepat memotong kayu dengan gergaji tangan ini? Berikut panduannya :

 

  1. Pertama-tama, letakkan kayu di atas alas yang kokoh dan stabil. Kemudian lapisi juga bagian sisi lebar kayu dengan pembatas yang tidak mudah bergerak.
  2. Pegang garis potong sesuai ukuran yang Anda inginkan tepat pada titik yang berbatasan langsung dengan gergaji. Cara ini ditujukan agar Anda dapat menahan posisi kayu pada saat proses penggergajian berlangsung.
  3. Tancapkan mata gergaji pada garis potong dengan cara lurus. Lalu gerakkan gergaji ke arah belakang sedikit saja untuk awal membuat alur potong gergaji.
  4. Agar mendapatkan hasil maksimal, gerakkan gergaji dengan tenaga dorongan ke arah depan hingga serat kayu terpotong secara bertahap. Jaga tingkat kemiringan gergaji dengan stabil pada sudut 45 derajat. Ulangi gerakkan tersebut hingga kayu terpotong seluruhnya.
  5. Memotong kayu harus dilakukan satu arah saja, jangan pernah menggerakkan gergaji ke arah belakang untuk proses pemotongan. Tarikan gergaji ke arah belakang hanya boleh dilakukan jika Anda ingin memposisikan gergaji tangan pada arah semula.
  6. Kemudian jika Anda ingin membelah kayu, pilihlah gergaji tangan di toko Jual Gergaji dengan mata gergaji yang lebih miring. Untuk mempertahankan kestabilan kayu, sebaiknya ikat dulu kayu yang akan dibelah ke meja menggunakan clamp.
  7. Secara umum proses pembelahan kayu memang mirip dengan pemotongan kayu. Perbedaannya hanya terletak pada sudut kemiringan gergaji yang ideal yaitu sekitar 60 derajat. Pembelahan kayu menggunakan gergaji dengan gerakan ke arah depan.

Mudah namun perlu ketepatan, itulah gambaran tentang proses pemotongan dan pembelahan kayu menggunakan gergaji tangan. Tak cukup hanya membeli gergaji yang tepat di toko Gergaji, Anda pun harus paham bagaimana menggunakannya dengan benar. Dengan cara dan gerakan yang tepat, maka proses yang dilakukan akan terasa lebih ringan. 

Semoga bermanfaat !

Info Toko Jual Gergaji Lengkap Call Phone : (+62) 81280588834

Artikel Terkait

Cara Tepat Memotong Kayu Dengan Gergaji Tangan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.