Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017

Rachmatalamsyah.com - Syukur Alhamdulillah akhirnya kemarin tepatnya Tanggal 30 Juli 2016 Aplikasi Dapodik V.2016 Resmi dirilis dan telah dapat digunakan kembali. Namun Bagi sebagaian Operator Sekolah mungkin masih bingung bagaimana cara Instalasi Genereasi ke 5 Dapodik V.2016 ini, untuk itu saya akan memberikan sedikit Cara Singkat panduan Bagaimana cara Instalasi Dapodik V.2016 ini. Artikel hampir sama dengan yang di Laman Dapodikdasmen yaitu Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016, hanya disini saya menuliskan secara singkat berdasarkan inti dari Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016. Bagi teman-teman Operator yang ingin Download Silahkan disini : Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016.

Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
Jadwal Rilis Aplikasi Dapodik V.2016 ini sebenarnya hampir bertepatan dengan Perombakan Kabinet Kerja 2 Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Kementerian Pendidikan adalah salah satu dari beberapa kementrian yang mengalami Perombakan Kabinet, Sebagaimana kita ketahui Bapak Anies Baswedan Selaku Mentri pendidikan yang Lama saat ini Resmi digantikan Oleh Bapak Muhadjir Effendi Sebagai Mentri Pendidikan yang Baru dan Kami menyambut baik kehadiran Bapak Mentri yang Baru Bapak Muhadjir Effendi Semoga dalam kepemimpinannya Pendidikan Anak-anak Bangsa Indonesia semakin Maju dan Semakin jauh dari kata Ketertinggalan serta kami juga tak luput mengucapkan Banyak Terimakasih kepada Bapak Anies Baswedan atas kebersamaannya selama menjabat Sebagai Mentri Pendidikan. Kembali kepada Topik Artikel yaitu Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017, Berikut akan saya Berikan Langkah-langkah secara singkat berdasarkan apa yang tertulis pada Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016.


Tahapan Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016


1. Persiapan Instalasi, Sebelum melakukan Instaslasi Alangkah Baiknya anda Unduh Aplikasi Dapodik V.2016,Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ (Bisa Langsung juga Klik) laman/unduh  di address bar.

2.Setelah masuk Klik menu "UNDUH INSTALLER" dan klik SAVE FILE Installer Dapodik Versi 2016 seperti di Gambar bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop. Buatkan Folder Aplikasi Dapodik V.2016.



3. Selanjutnya lakukan Generate Prefill Aplikasi Dapodik, Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari  server  agar  dapat  diregistrasikan  di  aplikasi  Dapodik  secara offline(dalam bentukfile .prf). Silahkan Masuk disini : Unduh Prefill


4. Setelah terbuka Kemudian Masukkan : Username / Email anda yang terdaftar sebelumnya/yang terpakai, Password yaitu Password Dapodik anda juga yang Sebelumnya/yang terpakai, Dan Kode Registrasi Dapodik Anda Lalu klik " Generate " Tunggu hingga Proses Generate Prefill sekolah anda selesai Seperti Gambar berikut :



5. Selanjutnya Klik Download seperti yang saya tunjukkan digambar diatas lalu klik Save File tunggu hingga Proses Download Prefill selesai, Simpan Prefill yang telah anda download di My Computer>SYSTEM(C:) Lalu Buatkan Folder sendiri dengan nama ' prefill_dapodik 'seperti Gambar Berikut :


6. Program pengamanan dinonaktifkan, Antivirus    yang    membuat    service    database    tidak    berjalan  sebagaimana seharusnya misalnya : Avast, Avira, Symantec, Antivirus harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan adalah Windows  Defender  atau  Microsoft  Essentials.  Antivirus  ini  dapat di Unduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.

7. Menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik, Kode registrasi adalah “ KUNCI ” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapatdari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka operator sekolah harus segera melakukan   registrasi   dengan   melampirkan   surat   tugasnya   sebagai Operator Dapodik. Setelah  mengambil kode registrasi sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan  dan  tercatat  dengan  baik  serta  tidak  membagi/memberitahukan  kode registrasi  ini  pada  pihak  yang  tidak  berkepentingan,  jadi  kode  registrasi sifatnya RAHASIA.

Untuk  sekolah  baru  dan  belum  memiliki  Kode registrasi,  maka  prosedur untuk memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut : 

1) Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
2) Operator  sekolah  melakukan  registrasi  atau  mendaftar  di  laman : http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Operator (file dalam bentuk *.pdf).
3) Operator sekolah dapat mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K.
4) Jika  statusnya  telah  di-generate,  maka  operator  sekolah  dapat melihat dan mengambil Kode registrasi padalaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan diatas.


Selanjutnya Mari Kita Melangkah Kehalaman " Cara Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017 ". Klik  Topik dibawah ini :



Artikel Terkait

Tahap Persiapan Instal Aplikasi Dapodik V.2016, Tahun Pelajaran 2016/2017
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.