Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop

Tampilan Login Aplikasi PMP
Rachmatalamsyah.com - Sahabat Operator Dapodik, tentu anda saat ini semua sudah tau Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Bagi banyak operator, aplikasi ini sungguh sangat merepotkan sebab banyak data/kuisioner yang harus di entri. Selain itu, lambannya loading setiap kuesioner membuat waktu pengerjaan 1 instrumen saja bisa mencapai hampir 2 jam. Sebuah waktu yang sangat lama bukan? Mengingat batas pengisian data PMP akan cut off sebentar lagi. Bayangkan saja jika waktu tersebut dikalikan dengan jumlah instrumen yang perlu di entri. Tentu butuh waktu berminggu-minggu.

Banyak para operator dapodik bertanya, bisakah entri data PMP dilakukan bersamaan dengan banyak laptop? Jawabannya adalah Bisa. Nah berikut akan saya berikan Tips Bagaimana Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop  Agar tugas PMP yang menumpuk ini cepat terselesaikan. Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa Aplikasi PMP ini memang dirancang untuk bisa digunakan secara bersama. Terutama oleh PTK, dengan login menggunakan akun GTK yang telah di entri melalui Aplikasi Dapodik. Untuk dapat menggunakan banyak Laptop, Simaklah dengan seksama Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop berikut ini.

Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop :

1. Pastikan menggunakan jaringan internet yang sama (bisa menggunakan Modem,mifi, wifi, hp ataupun line. Yang terpenting koneksi internet lancar) 

2. Untuk Laptop yang menjadi server utama, silahkan Masuk ke menu Pencarian di Laptop sudut kiri bawah (liat contoh gambar dibawah) lalu anda kemudian ketik : command prompt 


3. Setelah ketemu seperti gambar diatas kemudian Klik Tulisan command prompt yang ditunjuk tanda panah merah diatas dibawah Programs (2). Maka akan muncul Gambar berikut :


4. Selanjutnya Ketikkan :  ipconfig didalam kotak command promt tersebut lalu tekan Enter Maka hasilnya akan seperti gambar berikut : 


5.  Setelah data muncul lihat di ip addressnya (yang di Lingkari warna Biru Pada Gambar diatas)

6. Kemudian Salin ip address tersebut ke Laptop lain yang ingin anda gunakan secara bersama dalam pengisian PMP dan tambahkan titik dua dan angka1745 (:1745 setelah ip address yang merupakan alamat localhost Aplikasi PMP, Contoh : 192.168.1.101:1745

7. Pastekan IP Adress Contoh : 192.168.1.101:1745 pada Link Browser Mozilla atau Google Chrome seperti yang ditunjukkan pada lingkaran dibawah ini :


7. Selesai. Aplikasi PMP bisa digunakan secara bersama (lihat alamat login yang digunakan)


Catatan :
  • Banyak kasus terjadi, setelah mendapatkan ip address Aplikasi PMP tidak bisa digunakan. Hal ini disebabkan Windows Firewall masih aktif Untuk itu, Pastikan windows firewall anda dinonaktifkan ( Hanya Untuk Laptop Utama)
  • Cara menonaktifkan Windows Firewall yaitu Cari menu Windows Firewall pada kolom pencarian di laptop anda. Kemudian klik turn Windows Firewall On or Off. Selanjutnya pilik turn of windows firewall dan tekan ok.
  • Bagi modem wifi/mifi yang tidak memliki kuota tidak usah di isi kuotanya biarin aja kosong karena cara ini sesungguhmya tidak memerlukan kouta internet asalkan semua laptop tersambung ke modem tersebut anda sudah bisa kerja bersama.
  • Bagi Laptop lain selain Laptop Utama tidak usah Instal Aplikasi dapodik dan PMP.
  • Usahakan Jangkaun Jaringan sesama laptop bisa terjangkau misalnya : Dalam lingkungan sekolah serta jika PTK itu sendiri adalah tetangga rumah anda maka bisa jadi cara ini juga berfungsi.

Itulah sedikit Tips sederhana Bagaimana Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop, Semoga dengan mengikuti cara tersebut teman-teman Operator bisa meringankan dan mempercepat dalam mengerjakan Kuisioner PMP di sekolah anda masing-masing. Sekian


Sumber : Blog Panduandapodikmen

Artikel Terkait

Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar:

  1. terimakasih tips nya pak..akan saya coba.

    ReplyDelete
  2. Are you presently interested to ways to get worldwide recognition swiftly? You simply will need to Buy Facebook Followers to become renowned on world wide web. buy real fb followers

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.