Hati-hati Pesan Email berisi Permintaan Data Sekolah

Bentuk Email SPAM dari info dikdas
Rachmatalamsyah.com - Pada tanggal 5 September 2016 kemarin saya membuka email gmail dan melihat Pesan Masuk, ada salah satu pesan yang menarik perhatian saya dengan nama : info dikdas dan Subjek : pemutakhiran biodata guru tahun 2016. Surat ini mungkin sengaja dikirim oleh karena Jadwal terkahir Sinkronisasi Dapodik yaitu tanggal 30 Agustus 2016, Terkait dengan pengumuman batas akhir sinkronisasi ini, rupanya sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dengan menyebarkan/mengirimkan surat email kedinasan dengan nomor : 2859/C3/KU/2016, perihal : Pemutakhiran Biodata Guru Tahun  2016. Berikut Tampilannya :

Surat Email Palsu atau SPAM
Dalam surat tersebut dijelaskan, bahwa pihak SD Negeri/Swasta diwajibkan untuk melengkapi biodata kepala sekolah, alamat lengkap sekolah dan biodata guru termasuk mencantumkan nomor Hp masing-masing guru. Pelaporan biodata dikirim melalui E-mail : infodikdas.kemdikbud@yahoo.com dan pelaporan dikirim paling lambat 3 ( Tiga ) hari setelah surat ini diterima. Sekilas surat tersebut memang terlihat asli, namun jika kita lebih teliti lagi maka akan menemui beberapa kejanggalan yang sangat mencurigakan, diantaranya :

Tanda Tangan Aspal 

Hati-hati Pesan Email berisi Permintaan Data Sekolah
Tanda Tangan Aspal

Tanda tangan dalam surat tersebut jelas terlihat aneh, Stempel yang diberikan dalam surat tersebut juga hanya dibuat secara manual. Padahal Dalam surat resmi biasanya tanda tangan dan stempel berbentuk scan bukan hanya dibuat manual.

Alamat Email Palsu

Alamat layanan email Dapodik yang berlaku untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dalam satu layanan adalah ;

    1. dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id
    2. info.dikdasmen@kemdikbud.go.id
    3. koderegistrasi@gmail.com.

Jadi alamat email yang tertera dalam surat kedinasan tersebut yaitu infodikdas.kemdikbud@yahoo.com bisa di pastikan palsu. Untuk itu harap agar menjadi perhatian kita semua, terutama pihak sekolah dan khususnya Operator Sekolah. Sebagaimana Kemdikbud juga telah menyampaikan lewat berita dilaman situs Resmi Kemendikbud di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan judul :  Waspada Terhadap Permintaan Data Sekolah , yang menjelaskan kepada sekolah agar Waspada terhadap Pihak-pihak yang dengan sengaja mengirimkan Surat dalam bentuk Email kepada Pihak sekolah.

Hati-hati Pesan Email berisi Permintaan Data Sekolah

Demikian yang sempat saya sampaikan semoga Informasi ini bermanfaat kepada pembaca dan tentunya yang terpenting untuk Pihak Sekolah,Operator Sekolah selaku penanggung jawab data Sekolah agar lebih waspada terhadap pihak-pihak sekolah yang tidak bertanggung jawab yang menginginkan data Sekolah Anda dengan Surat Palsu seperti yang saya uraikan diatas. Sekian

Artikel Terkait

Hati-hati Pesan Email berisi Permintaan Data Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.