Memilih Pompa Air Untuk Sumur Bor Dalam

Memilih Pompa Air Untuk Sumur Bor Dalam
Sumur Bor Dalam

Rachmatalamsyah.com - Memilih pompa air untuk sumur bor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memilih pompa air jenis lainnya. Hanya saja, Anda harus mengetahui kedalaman sumur terlebih dahulu agar bisa menentukan spesifikasi pompa apa yang paling cocok.

Secara umum, sumur bor terbagi menjadi dua jenis yaitu Sumur Bor Dalam dan Sumur Bor Dangkal. Jika kedalaman sebuah sumur lebih dari 10 meter, berarti sumur tersebut masuk ke dalam kategori sumur dalam. Dengan kedalaman ini, pemasangan pompa air biasa jelas tidak memungkinkan karena hanya pompa air biasa hanya memiliki daya hisap tak lebih dari 9 meter.

Oleh karenanya, jika sumur Anda tergolong ke dalam sumur bor dalam, Anda harus membeli pompa dengan spesifikasi khusus sumur bor dalam di toko yang menjual pompa air. Namun sebelum membeli pompa untuk sumur bor dalam, sebaiknya pahami dulu dua jenis pompa untuk sumur bor dalam berikut ini.

 2 jenis pompa untuk sumur bor dalam :

Memilih Pompa Air Untuk Sumur Bor Dalam
Pompa Jet

1. Pompa Jet (Jet Pump) untuk sumur bor dalam 
Jet Pump adalah pompa yang umum dipasang pada sumur bor dalam, namun memiliki batas maksimum daya hisap hingga kedalaman 60 meter. Pompa ini biasanya memerlukan daya listrik cukup besar karena menggunakan motor elektrik dengan power yang juga relatif lebih besar daripada pompa sumur dangkal. Teknik pemasangannya tidak berbeda jauh dengan pompa sumur dangkal. Hal yang membedakan hanyalah instalasi pipa hisapnya, dimana pompa jet menggunakan dua jalur pipa yang salah satunya berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju saluran pipa hisap.Harga Jual Pompa Air Jenis ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga pompa jenis submersible untuk sumur bor dalam.

Memilih Pompa Air Untuk Sumur Bor Dalam
Pompa Submersible

2. Pompa Submersible untuk sumur bor dalam
Pompa submersible juga disebut sebagai pompa air benam, yaitu pompa yang dioperasikan di dalam air. Pompa ini justru berisiko rusak jika dinyalakan di luar air pada area yang kering dalam waktu lama. Pompa submersible tidak memiliki daya hisap, namun memiliki daya dorong yang mampu dicapai sesuai power mesin terhadap debit air yang dibutuhkan pengguna. Sistem kerjanya sangat berbeda dengan pompa jet, dimana pompa jet bekerja dengan menghisap air sedangkan pompa submersible dengan mendorong air.

Pompa submersible termasuk jenis pompa sentrifugal dengan susunan kipas lebih dari satu yang diputar dengan sangat cepat oleh motor listrik dalam sebuah casing sehingga mampu mengalirkan air ke permukaan. Pompa submersible memiliki beberapa kelebihan misalnya suara pompa yang tidak bising ketika beroperasi. Pompa ini juga memiliki sistem pendinginan alami karena selalu terendam dengan air asalkan air tidak menyusut. Selain itu, pompa ini juga tersedia untuk berbagai kedalaman sumur bahkan hingga sumur sedalam 200 meter sekalipun. Kekurangan yang dimiliki oleh pompa jenis ini ialah Harga Jual Pompa Air yang mahal serta membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Itulah dua jenis pompa air untuk sumur bor dalam. Sebelum Anda memutuskan membelinya di toko jual pompa air yang terpercaya di sekitar rumah, jangan lupa lakukan survey harga terlebih dahulu. Belilah pompa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastinya sesuai budget yang Anda miliki. Semoga bermanfaat !

Untuk Info Lebih lanjut silahkan Klik Tulisan Harga Jual Pompa Air pada Artikel diatas !

Artikel Terkait

Memilih Pompa Air Untuk Sumur Bor Dalam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.