Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan)

Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP ( Penjamin Mutu Pendidikan )
Rachmatalamsyah.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai Bagaiman Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan), Sebagaimana teman-teman Operator ketahui bahwa saat ini aplikasi PMP sudah memasuki Versi 1.4 dimana pada Versi baru ini telah mengalami peningkatan dan pemutakhiran agar data Sekolah anda betul-betul Valid sehingga dapat diterima Oleh Server. Perubahan yang terlihat pada Versi ini adalah terdapatnya penambahan Menu Konfirmasi Selesai dan Penambahan Gambar Profil PMP Dikdasmen, sejauh ini hanya itu yang terlihat oleh  saya dan teman-teman sendiri bisa menyebutkan perubahan lainnya jika tidak saya sebutkan pada artikel ini. Untuk Deadline pengiriman PMP ini saya belum menemukan Informasi namun sepertinya terdapat penambahan waktu deadline pengiriman, nah bagi teman-teman Operator yang ingin mempermudah dalam mengerjakan Aplikasi PMP bisa cek Artikelnya disini : Cara mengerjakan Kuisioner PMP dengan banyak Laptop.


Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan)

1. Pastikan teman-teman sudah Melakukan Backup File PMP pada versi sebelumnya, Misalnya sebelum menginstal Patch.1.4 pada PMP versi 1.3 teman-teman Backup Data terlebih dahulu agar Data pada versi 1.3 bisa di buka di PMP V.1.4.

2. Cara Backup File PMP di versi 1.3 yaitu silahkan masuk ke menu Verifikasi & Kirim Data lalu klik tombol Backup seperti yang ditunjuk pada tanda panah gambar dibwah ini:


3. Tunggu hingga Muncul Tampilan seperti gambar dibwah ini dan Klik Save maka proses download akan berlangsung dan hasilnya adalah dalam bentuk file Rar ( Ingat jangan Mengubah Nama File Rar tersebut agar dapat terbaca saat anda melakukan Restore File), Selanjtunya simpan File dalam Folder yang mudah terlihat.


4. Selanjutnya untuk Melakukan Restore Pada Aplikasi PMP Versi 1.4 atau versi lainnya Caranya hampir sama pada saat Backup yaitu Masuk ke Menu Verifikasi & Kirim Data lalu Pilih tombol Restore Data seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

 
5. Selanjutnya akan mencul seperti gambar dibawah ini anda Klik Pilih File seperti yang ditunjuk tanda merah dibawah ini kemudian anda cari tempat menyimpan Hasil Backup File PMP tadi, Jika sudah ketemu kemudian klik Simpan .


6. Tunggu Hingga Proses Upload File Berhasil dan ada Pemberitahuan Bahwa File Berhasil di-restore seperti gambar dibawah ini :


5. Jika sudah ada Tulisan seperti diatas berarti selamat data Anda sudah berhasil di Pindahkan ke Aplikasi PMP terbaru dan PMP versi lainnya. Lakukan Refresh / F5 untuk memastikan bahwa data anda benar-benar telah dipindahkan.

Catatan : Cara ini berlaku untuk semua Versi Aplikasi PMP bukan hanya untuk aplikasi PMP terbaru. Pengalaman saya Merestore File menggunakan Jaringan Internet (Online) lebih cepat dan selalu lakukan Refresh (F5) setelah berhasil merestore File PMP.

Sekian Ulasan saya mengenai Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan), Semoga bermanfaat untuk teman-teman Operator sekalian semoga terbantu dan Pengerjaan Kuisoner dalam Aplikasi ini bisa segera diselesaikan tanpa kendala sedikitpun. Apabila ada yang kurang dimengerti dari tulisan diatas silahkan masukkan Komentar teman-teman di kolom komentar dibawah.

Artikel Terkait

Cara Backup dan Restore File Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.