Alat Pernapasan pada Mahluk Hidup

Rachmatalamsyah.com - Semua mahluk hidup yang ada di dunia ini pasti bernapas. Baik manusia, hewan, bahkan tumbuhan semuanya bernapas. Namun, masing-masing jenis mahluk hidup tersebut tidak semuanya menggunakan alat yang sama untuk bernapas. Contohnya saja, tidak mungkin manusia dan tumbuhan mempunyai alat yang sama untuk bernapas. Maka dari itu, terdapat beberapa alat pernapasan yang dimiliki oleh masing-masing jenis mahluk hidup. Berikut adalah berbagai macam alat pernapasan yang ada pada mahluk hidup.

A.Alat Pernapasan Manusia

Alat Pernapasan Manusia
Alat pernapasan utama yang ada pada manusia adalah paru-paru. Paru-paru terletak di rongga dada di atas diafragma. Paru-paru pada manusia terdiri dari 2 bagian, yaitu paru-paru kanan yang terdiri dari 3 gelambir, dan paru-paru kiri yang terdiri dari 2 gelambir.

Selain paru-paru, manusia juga memiliki beberapa alat pernapasan lain seperti :

  1. Rongga Hidung
  2. Faring (Tekak)
  3. Laring (Pangkal tenggorokan)
  4. Trakea (Batang tenggorokan)
  5. Bronki (Cabang-cabang tenggorokan)
  6. Bronkiolus

Rongga hidung merupakan tempat awal masuknya udara dalam tubuh manusia ketika bernafas. Rongga hidung memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk menyaring udara yang masuk kedalam tubuh manusia dengan menggunakan rambut-rambut halus yang terdapat didalam rongga hidung.

Alat pernapasan lain pada manusia seperti faring, laring, trakea, dst. Berfungsi untuk menyalurkan udara yang berasal dari rongga hidung kedalam paru-paru.

B.Alat Pernapasan Hewan

Ikan
Terdapat macam-macam alat pernapasan yang ada pada hewan. Berikut ini adalah alat pernapasan pada yang ada pada hewan :

  1. Mamalia : Hewan mamalia bernapas dengan paru-paru. Kebanyakan hewan mamalia hidup didarat, namun ada beberapa hewan mamalia yang hidup di air seperti paus, dan lumba-lumba. Sistem pernapasan yang ada pada hewan mamalia tidak jauh berbeda dengan manusia, karena pada dasarnya manusia juga termasuk ke dalam mamalia.
  2. Burung (Aves) : Burung bernapas dengan paru-paru. Pada burung, terdapat alat pernapasan lain, yaitu pundi-pundi udara. Skema pernapasan pada burung agak berbeda dengan hewan mamalia. Ketika terbang, burung akan kesulitan untuk bernapas, oleh karena itu ketika tidak terbang burung menyimpan cadangan udara didalam pundi-pundi udara yang akan digunakan untuk bernapas ketika burung sedang terbang. 
  3. Ikan : Alat pernapasan yang ada pada ikan adalah insang yang terdiri dari 4 pasang di kanan dan kiri kepala ikan. Ikan akan bernapas ketika membuka dan menutup mulutnya sekaligus membuka dan menutup insangnya. Pada saat ingin mengambil oksigen, mulut ikan akan terbuka dan insang ikan akan tertutup, sedangkan ketika membuang karbondioksida mulut ikan akan tertutup dan insang akan terbuka.
  4. Amfibi : Alat pernapasan pada hewan amfibi bisa insang, paru-paru, dan kulit. Sebagai contoh hewan amfibi adalah katak. Ketika masih kecil (berudu) katak akan bernafas menggunakan insang, dan ketika beranjak dewasa, maka katak akan bernapas dengan menggunakan paru-paru dan kulit.
  5. Serangga (Insect) : Alat pernapasan yang ada pada hewan serangga adalah trakea. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang dan memenuhi seluruh bagian tubuh serangga. Trakea akan berakhir pada lubang kecil yang disebut spirakel yang merupaka tempat keluar masuknya udara dan terletak di sisi tubuh kanan dan kiri serangga.
  6. Reptil : Alat pernapasan pada hewan reptil adalah paru-paru. Skema pernapasan yang ada pada reptil tidak jauh berbeda dengan hewan mamalia. Contoh hewan reptil adalah buaya, kadal, cecak, biawak, dan kura-kura.
  7. Hewan bersel satu : Alat pernapasan yang ada pada hewan bersel satu sebenarnya tidak ada, karena alat pernapasannya belum terbentuk. Hewan bersel satu hanya mengandalkan membran sel kulitnya untuk bernapas. Contoh hewan bersel satu adalah Amoeba sp.
  8. Cacing : Sama seperti hewan bersel satu, cacing juga tidak memiliki alat pernapasan. Cacing bernapas dengan mengandalkan permukaan kulitnya yang basah. Permukaan kulit yang basah akan mempermudah cacing untuk bernapas.
  9. Laba-laba dan Kalanjengking (Arachnida) : Alat pernapasan yang terdapat pada hewan arachnida adalah paru-paru buku jika sedang berada di darat, dan insang buku jika sedang berada di air. Di dalam paru-paru buku terdapat lembaran-lembaran tipis yang tersusun sejajar dan biasa disebut lamela.
Alat Pernapasan Serangga

C.Alat Pernapasan Tumbuhan

Stomata pada bagian bawah permukaan daun
Meskipun tampaknya tumbuhan tidak bernapas, namun sebenarnya tumbuhan juga melakukan proses pernapasan. Alat pernapasan yang ada pada tumbuhan adalah stomata, lentisel, dan akar. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di permukaan bawah daun. Sedangkan lentisel adalah lubang-lubang yang terdapat pada batang.

Selain stomata dan lentisel, tumbuhan juga dapat bernapas dengan menggunakan akar. Walaupun, fungsi utama akar adalah untuk menyerap air dan unsur hara dalam tanah, namun akar juga bisa menyerap oksigen yang terdapa dalam pori-pori tanah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Alat Pernapasan pada Mahluk Hidup. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai alat pernapasan.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀 
 

Artikel Terkait

Alat Pernapasan pada Mahluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.