Letak Indonesia (Astronomis, Geografis, dan Geologis)

Letak Indonesia (Astronomis, Geografis, dan Geologis)
Rachmatalamsyah.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah terbesar di dunia dan pulau terbanyak di dunia. Selain wilayahnya yang luas, Indonesia juga terletak di posisi yang strategis. Letak Indonesia dapat dilihat dari tiga segi yang berbeda, yaitu Astronomis, Geografis, dan Geologis. Berikut ini adalah letak dari negara Indonesia berdasarkan ketiga segi tersebut.

A.Letak Astronomis Indonesia

Berdasarkan kedudukan garis lintang dan garis bujur, Indonesia terletak di 6° LU – 11° LS dan 95° BT - 141° BT. Hal ini menandakan bahwa Indonesia terletak di bagian timur bumi dan daerah khatulistiwa. Dengan letak astronomis tersebut, maka Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang artinya hanya terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berikut adalah ujung dari setiap wilayah Indonesia :

  1. Indonesia paling utara terletak di pulau We (6° LU)
  2. Indonesia paling selatan terletak di pulau Rote (11° LS)
  3. Indonesia paling timur terletak di kota Merauke (141° BT)
  4. Indonesia paling barat terletak di kota Sabang (95° BT)

Letak Astronomis ini membuat Indonesia memiliki 3 daerah waktu, dimana tiap zona waktu memiliki perbedaan 1 jam. Maka dari itu, di Indonesia terdapat wilayah Waktu Indonesia Barat (GMT+7), Waktu Indonesia Tengah (GMT+8), dan Waktu Indonesia Timur (GMT+9).

B.Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis berarti letak suatu wilayah yang dikaitkan dengan wilayah lainnya di muka bumi. Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Letak tersebut berarti bahwa Indonesia terletak pada posisi silang, dimana terdapat jalur transportasi perdagangan yang ramai dan menguntungkan Indonesia. Jalur perdagangan ramai ini, membuat Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa.

C.Letak Geologis Indonesia

Letak Geologis berarti letak suatu wilayah dilihat dari jenis batuan yang ada di muka bumi. Secara Geologis, Indonesia terletak di :

a.3 Lempeng Utama Dunia

  1. Lempeng Eurasia
  2. Lempeng Indo-Australia
  3. Lempeng Pasifik

b.2 Jalur Pegunungan

  1. Sirkum Mediterania (Sumatera, Jawa, Bali, Flores, Sumbawa, Alor)
  2. Sirkum Pasifik (Papua, Sulawesi, Halmahera, Kalimantan)

c. 3 Daerah

  1. Daerah Sunda Plate/Dangkalan Sunda : Merupakan perluasan benua Asia di bagian selatan yang tenggelam. Terdiri dari pulau besar di Indonesia bagian barat, yaitu Sumatera, Jawa, dan Kalimantan
  2. Daerah Sahul Plate/Dangkalan Sahul : Merupakan daerah benua Australia yang tenggelam di bagian utara. Terdiri dari pulau besar di bagian timur, yaitu Papua dan sebagian Maluku
  3. Daerah peralihan/Daerah Wallace : Merupakan daerah peralihan antara benua Asia dan benua Australia. Terdiri dari pulau-pulau di daerah peralihan seperti Sulawesi

Berdasarkan keadaan Geologisnya, maka Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung api karena dilalui dua jalur pegunungan, dan memiliki potensi gempa bumi yang besar karena terletak diantara tiga lempeng. Namun, juga terdapat keuntungan dari letak tersebut, yaitu Indonesia memiliki banyak tambang mineral.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Letak Indonesia (Astronomis, Geografis, dan Geologis). Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai letak daripada negara Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
Diolah dari berbagai sumber 
  

Artikel Terkait

Letak Indonesia (Astronomis, Geografis, dan Geologis)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.