Macam-Macam Pola Aliran Sungai

Sungai dengan pola aliran dendritik
Rachmatalamsyah.com - Sebuah sungai dan cabangnya dapat membentuk suatu pola aliran. Terdapat beberapa macam pola aliran sungai yang kita kenal, antara lain : paralel, rektangular, angular, radial sentrifugal, radial sentripetal, trelis, anular, dan dendritik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam pola aliran sungai tersebut

Pola Aliran Sungai

1.Paralel


Paralel adalah pola aliran sungai yang terdapat pada suatu daerah yang luas dan sangat miring, sehingga gradien sungai besar dapat mengalir ke tempat terendah dengan arah yang hampir lurus. Pola ini terbentuk di daratan pantai yang masih muda dengan lereng asli yang sangat miring ke arah laut.

2.Rektangular


Rektangular adalah pola aliran sungai yang terdapat pada daerah yang memiliki struktur patahan, baik berupa patahan sesungguhnya ataupun retakan (joint). Pola aliran ini membentuk sudut siku-siku.

3.Angular

Angular adalah pola aliran sungai yang membentuk lebih besar atau lebih kecil dari 90 derajat. Pada pola ini terlihat bahwa sungai masih mengikuti garis-garis patahan.

4.Radial Sentrifugal

Radial Sentrifugal (kanan), Radial Sentripetal (kiri)

Radial Sentrifugal adalah pola aliran sungai yang ada pada kerucut gunung berapi atau dome yang baru mencapai stadium muda dan arah alirannya menuruni lereng.

5.Radial Sentripetal

Radial Sentripetal adalah pola aliran yang terdapat pada kawah atau kaldera gunung berapi ataupun depresi lainnya. Arah alirannya menuju ke pusat depresi.

6.Trelis


Trelis adalah pola aliran sungai yang berbentuk seperti terali atau jeruji. Pada pola ini, sungai mengalir sepanjang lembah dari suatu bentukan antiklin dan sinklin yang paralel.

7.Anular

Anular adalah pola aliran sungai yang merupakan variasi dari pola aliran radial. Pola ini terdapat pada dome atau kaldera stadium dewasa serta terdapat sungai konsekuen, subsekuen, resekuen, dan obesekuen.

8.Dendritik


Dendritik adalah pola aliran sungai yang berbentuk seperti cabang atau akar tanaman. Pola aliran ini terdapat pada daerah berjenis batuan homogen, dan lereng-lerengnya tidak begitu terjal, sehingga sungai-sungainya tidak cukup kuat untuk menempuh jalur yang lurus dan pendek.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Macam-Macam Pola Aliran Sungai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai sungai. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi :
Wardiyatmoko, K. 2013. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga 

 

Artikel Terkait

Macam-Macam Pola Aliran Sungai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.