Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik Versi 2018 dengan Baik dan Benar

Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik 2017/2018

Rachmatalamsyah.com - Aplikasi Dapodik Versi 2018 telah dirilis dengan penambahan fitur baru yakni menu pengisian Jadwal Pelajaran. Pengisian jadwal ini memiliki keterkaitan yang tak dapat dipisahkan dengan isian beberapa menu lainnya yaitu isian data periodik sekolah, data prasarana, data rombongan belajar dan data pembelajaran. Artinya pengisian jadwal dapodik tidak berdiri sendiri melainkan harus secara berurutan pengisiannya melalui empat isian lainnya, karenanya simak baik-baik Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik 2018 berikut ini atau juga bisa mendownload Panduan Penggunaan Dapodik Versi 2018 dibawah ini :


Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengisi jadwal pelajaran dapodik, akan ada cek validasi waktu penyelenggaraan sekolah yang harus dilengkapi terlebih dahulu isian data rinci sekolah. Pengisian prasarana sekolah akan digunakan saat memetakan bangunan yang dijadikan rombel (ruang kelas).

Pengisian rombel berguna dalam memetakan prasarana rombongan belajar dalam melaksanakan pembelajaran, selanjutnya pengisian pembelajaran rombel berfungsi untuk memetakan mata pelajaran beserta guru pengampu mata pelajaran tersebut yang diinputkan pada masing-masing rombel.Karena memiliki hubungan erat terhadap setiap entitas data di sekolah makadiharapkan operator sekolah dapat memetakan semua kondisi nyata di sekolah dengan baik dan benar pada Aplikasi Dapodik versi 2018.

Sebelum memanfatkan fitur jadwal pelajaran dapodik dan mengisinya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipahami oleh operator dapodik diantaranya sebagai berikut :

1. Mengisi Data Periodik Sekolah

Tahap pertama mengisi jadwal dapodik adalah dengan mengisi data periodik sekolah, oleh sebab itu sebelum mengakses menu Jadwal, operator sekolah terlebih dulu harus melengkapi data periodik sekolah. Jika data periodik sekolah belum diisi, maka ketika mengakses menu jadwal akan muncul peringatan eror.
    Harap memilih waktu penyelenggaraan pada data periodik sekolah

Untuk melengkapi data periodik sekolah, silakan pergi fitur data rinci sekolah di menu Sekolah. Lengkapi data periodik lalu simpan.

2. Persiapan Data Prasarana

Pengisian Jadwal Pelajaran Dapodik tidak memperbolehkan satu prasarana digunakan oleh lebih dari satu rombongan belajar, jika rombongan belajar tersebut menggunakan satu prasarana di waktu yang sama. Pada Aplikasi Dapodik versi 2018 pengisian prasarana ruang belajar harus diperhatikan dengan seksama bahwa setiap rombel harus memiliki prasarana sendiri. Karenanya periksa kembali pengisian prasarana ruang kelas pada menu “Sarpras”.

Untuk pengisian prasarana rombel terdapat catatan khusus bagi sekolah yang khusus juga. Bagi sekolah dengan sistem pembelajaran double shift, sehingga menggunakan satu prasarana ruang kelas digunakan oleh dua rombel, maka nantinya diperlakukan khusus dalam pengisian jadwal pelajaran aplikasi dapodik 2018.

Contoh kasus :

Rombel kelas kelas 8a dan 9a menggunakan prasarana ruang kelas dengan nama “kelas 8A/9A”. Maka pada menu Jadwal, pengisian rombel 9a pada jadwal di prasarana “kelas 8A/9A” dimulai dengan pengisian dari pembelajaran ke-10 dan seterusnya.

3. Persiapan Data Rombongan Belajar

Tahap ketiga pengisian jadwal pelajaran dapodik adalah memeriksa data rombel tiap tingkatannya. Untuk mempersiapkan data tentu para operator sekolah telah paham tatacaranya karena selama perjalanan dapodik tetntu menyiapkan pengisian rombel telah penjadi menu yang selalu diperhatikan guna kelancaran JJM pada info ptk tiap-tap PTK.

Silakan isi lalu periksa data rombongan belajar untuk semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 kemudian sesuaikan letak prasaranya yang telah di lakukan pada tahap sebelumnya.

4. Persiapan Data Pembelajaran

Untuk mempersiapkan pembelajaran tiap-tiap rombel, pilih salah satu rombel, kemudian pilih tombol “Pembelajaran”. Tahap ini operator sekolah juga pasti sudah mahir, karena tiap semester pasti melakukan mapping jjm pada rombel jadi sudah expert lah.

Lengkapi data pembelajaran tiap rombel dengan mengisi data PTK disertai dengan SK Mengajar, tanggal Sk dan jjm seusuai dengan kurikulum sekolah. Data PTK dan mapelnya disertai jumlah jam mengajar per-minggunya dalam Pembelajaran, akan berdampak sangat besar terhadap isian pada menu Jadwal Dapodik.

5. Pengisian Menu Jadwal Pelajaran Dapodik

Tahapan inilah sesungguhnya yang menjadi pokok pembahasan sehingga operator sekolah harus memahaminya. Sebagai catatan, dalam pengisian jadwal pelajaran dapodik ini, Upacara dan Istirahat di sekolah tidaklah dimasukkan.

Untuk mengisi jadwal dapodik, pertama pilih menu Jadwal pada sidebar sebelah kiri aplikasi Dapodik 2018. Jika sudah berhasil mengakses menu tersebut, berarti tahapan di atas telah dilaksanakan, hal selanjutnya yang harus dipahami oleh setiap operator sekolah adalah sebagai berikut:

6. Cek Waktu Penyelenggaraan

Saat masuk ke menu jadwal, pilih tombol “cek waktu penyelenggaraan”, tombol ini berfungsi untuk melakukan validasi terhadap isian data periodik sekolah pada bagian waktu penyelenggaraan sekolah. Setelah menekan tombol tersebut, maka jika validasinya terhadap waktu penyelenggaraan tampil datanya berarti dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

7. Pilih Prasarana
Prasarana yang tampil di sini merupakan prasarana yg telah diisikan di menu Sarpras, setiap prasarana yang telah dipilih nantinya akan memunculkan data rombel yg menggunakan prasarana tersebut.

8. Jadwal Hari
Pada bagian ini terdapat tujuh hari belajar dimulai dari senin hingga minggu. Nantinya setiap hari dipilih akan munculkan beberapa data mapel disertai data guru dan alokasi jjm perminggunya. Karenanya, sebelum pengisian jadwal dapodik, pastikan terlebih dahulu melakukan mapping JJM tiap-tiap rombel dengan lengkap dan tepat.

Pada tampilan menu jadwal dapodik, di bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisikan data penjadwalan mata pelajarannya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisikan datanya lalu pilih jadwal hari. Kemudian, pilih tambah. Akan tampil beberpa kolom dengan beberapa keterangan seperti : 

- Pembelajaran, Data mapel yang terdapat pada salah satu rombel yg menggunakan prasarana terpilih. Alokasi Jam, Ketersediaan jumlah jam tatap muka.

- Dimulai jam ke, Penempatan urutan waktu mapel sesuai alokasi jadwal pelajaran di sekolah.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mapel yang tampil merupakan data yg diambil dari isian pembelajaran pada salah satu rombel yg menggunakan prasarana tersebut.

Setelah memilih mapelnya, masukkan alokasi jam dan isi kolom di mulai jam ke. Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombel sementara untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mapel sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah.

Masukan seluruh data pembelajaran ke dalam jadwal dapodik sesuai dengan alokasinya sehingga setiap data pembelajaran tiap-tiap rombel dapat terjabarkan dalam format penjadwalan KBM di sekolah.

9. Pengisian Mapel BK dan TIK Kurikulum 2013
Bagi guru BK dan TIK dalam penerapan jadwal dapodik mengalami perlakukan khusus jika dibandingkan dengan mapel lainnya. Hal ini perlu kita pahami bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pengisiannya.

- Untuk Mapel BK (Bimbingan Konseling) baik itu kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, isikan jjm dengan 0 jam.

- Untuk Mapel TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, isikan jjm dengan 0 jam.

Penerapan ini ini dikarenakan mapel BK dan TIK tersebut tidak masuk dalam menu jadwal dapodik, jika terisi jjmnya maka nantinya akan masuk ke dalam validasi aplikasi dapodik.

10. Pengisian Mata Pelajaran Agama
Jika dalam satu rombel terdapat lebih dari satu mapel agama, silakan isikan jjm mapel agama mayoritas dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam, sementara untuk mapel agama minoritas sebanyak 0 jam.
Contoh :
Jika dalam satu rombel mapel mayoritasnya adalah Pendidikan Agama Islam maka Isikan JJM PAI sebanyak 2 jam sementara mapel agama lainnya sebanyak 0 jam.

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk ke dalam validasi jadwal dapodik yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal dapodik. Sehingga isian jadwal yg diinputkan adalah mata pelajaran untuk pendidikan agama mayoritas di kelas tersebut.

Nah Bagi rekan operator sekolah yang belum memiliki panduannya (dilengkapi gambar) dapat mengunduhnya pada tautan berikut :

Download Panduan Dapodik Versi 2018

Permasalahan dan Solusi Terkait Pengisian Jadwal Pelajaran Dapodik
- Bagaimana jika satu ruang kelas dijadikan dua rombel atau lebih?
Dalam satu ruang kelas urutkan jam pembelajaran sesuai dengan urutan waktunya. Sistem kelas kombinasi pagi dan siang apabila memang tidak ada prasarananya jangan pernah membuat data prasarana ruang kelas baru. Misal kelas kelas pagi dimulai dari jam ke 1 s.d 6 kemudian kelas siang dimulai dari jam ke 7 s.d 12.

- Bagaimana jika ruang kelas di bagi menjadi dua rombel dengan sekat triplek (tidak permanen)?
Dalam isian prasarana ruang kelas tetap di anggap 1 ruang kelas. Adapun untuk pengisian jadwal (walaupun waktu penyelanggaraan sekolahnya di pilih pagi) buatlah jadwal seperti pada poin pertama.

- Mengapa pada jadwal pelajaran terdeteksi validasi jika PTK Mengajar di urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di dapodik?
Pastikan tidak ada jam mengajar yang bentrok dalam mapping pengisian jadwal. Jumlah slot jam pada jadwal merupakan jumlah jam yang telah diisi pada menu pembelajaran, jadi pastikan jam sudah sesuai antara pembelajaran dengan jadwal pelajaran dan tidak bentrok antara rombel satu dengan lainnya. Dalam hal ini pengertian jadwal bentrok yaitu jika PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di rombel (ruang kelas) berbeda.

Dalam pengisian jadwal terdapat baris warna merah, apa penyebab dan dampaknya?
Jika jadwal tidak berurutan, misalnya dari jam pembelajaran ke-4 lompat ke jam pembelajaran ke-6 karena pada jam ke diselingi mapel yang ada pada kelompok jam tambahan yang tidak masuk dalam jadwal pelajaran dapodik maka akan terlihat tidak berurutan.

Dampaknya telihat warna merah pada jadwal pelajaran. Namun hal tersebut “Tidak Bermasalah” dan tidak menghambat proses singkronisasi. Warna merah ini hanya sebagai pengingat bahwa jadwal pelajaran tidak urut.

- Karena terjadi kekurangan guru, maka satu guru mengajar lebih dari satu rombongan belajar, bagaiamana cara mengisi jadwalnya?
Jika fakta di sekolah demikian maka hal tersebut tidak masalah. Sementara cara input jadwalnya sama seperti pada poin pertama, pastikan tidak ada yang bentrok karena sistem validasi aplikasi tidak menerima inputan jadwal yang bentrok.

- Bagaimana untuk jadwal upacara, istirahat, ekstrakurikuler?
Hanya jam mapel tatap muka yang sesuai Kurikulum saja yang di masukkan ke jadwal. Jam untuk Upacara Bendera, Istirahat, Ekskul dan kegiatan kookurikuler lainnya tidak perlu di masukkan.

Demikianlah Artikel berjudul " Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik Versi 2018  dengan Baik dan Benar  " Semoga bermanfaat dan mudah di mengerti. Apabila ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang di mengerti silahkan berkomentar lewat kolom komentar dibawah. Sekian

Artikel Terkait

Cara Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik Versi 2018 dengan Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.