Hal-Hal Sederhana yang Mesti Dipahami Saat Merawat Mobil

Hal-Hal Sederhana yang Mesti Dipahami Saat Merawat Mobil

Rachmatalamsyah.com - Memiliki mobil pribadi bukan hanya sekadar memilih yang terbaik ketika membeli. Kita juga wajib memahami banyak hal penting. Salah satunya adalah merawat mobil secara cermat. Karena proses perawatan akan mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.Tak perlu khawatir mengenai proses perawatan mobil. Karena sebenarnya semua orang bisa merawat mobil dengan cara yang benar. Hanya dengan memahami hal-hal sederhana ini, perawatan mobil secara mandiri akan terasa semakin praktis :

1. Mencuci Mobil dengan Prosedur yang Benar

Mobil harus berada dalam keadaan dingin ketika akan dicuci. Sebab temperatur mobil yang tinggi akan mengakibatkan cat mobil lekas mengelupas. Kita wajib menggunakan produk sampo mobil berkualitas untuk menjaga daya tahan cat mobil. Selain dicuci secara teratur, permukaan mobil juga bisa dipoles dengan wax atau produk perawatan mobil lainnya. Supaya tampilannya senantiasa mengkilap dan tampak seperti baru.

2. Memeriksa Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan mobil juga merupakan salah satu bagian yang wajib diperhatikan secara teratur. Pastikan bahwa sistem kelistrikan mobil berupa aki dan sambungan kabel lainnya berada dalam keadaan baik. Sebab sistem tersebut berpengaruh terhadap proses menyalakan mobil. Kalau sistem kelistrikan mobil tak berfungsi normal, pasti kita akan kesulitan menyalakan mesin mobil.

3. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Kebersihan kabin mobil akan menunjang kenyamanan kita saat mengemudi. Pastikan bahwa tak ada debu, bau tak sedap, atau kotoran yang mengganggu suasana kabin mobil. Selain menyiapkan tempat sampah portable dan pewangi ruangan, kita pun bisa menggunakan vacuum cleaner mini secara teratur. Agar debu dan kotoran lain pada kabin mobil bersih maksimal bila kita menggunakan vacuum cleaner mini.

4. Mengganti Oli Secara Teratur
 
Oli mobil berfungsi sebagai pelumas yang mendukung performa mesin mobil secara keseluruhan. Itulah sebabnya oli mobil wajib diganti secara teratur setiap beberapa bulan sekali. Pilihlah produk oli berkualitas yang daya tahannya baik. Supaya performa mesin pun semakin maksimal. Risiko kerusakan mesin akibat buruknya kualitas oli pun dapat diminimalkan.

5. Rutin Mengecek Kondisi Ban

Ban mobil juga tak boleh diabaikan begitu saja. Walaupun tampak tahan lama, sebenarnya ban mobil harus dicek dan diganti secara berkala. Karena tekanan ban yang mulai berkurang akan menurunkan performa mobil bahkan membuat konsumsi bahan bakar jadi boros. Gantilah ban mobil secara berkala untuk meminimalkan risiko kecelakaan akibat kerusakan ban mobil.

6. Servis Mesin Secara Teratur

Mesin mobil harus diservis secara teratur agar kerusakan minor bisa dideteksi sedini mungkin. Jika kita sudah terlatih melakukan servis mandiri, kita bisa menggunakan spare part orisinal yang disertai garansi resmi. Banyak distributor sparepart mobil yang menyediakan aneka spare part asli dengan harga terjangkau. Sehingga kita tak kesulitan memperoleh spare part sesuai kebutuhan mobil kita.

Sekarang, segera praktikkan keenam hal sederhana tersebut saat merawat mobil kesayangan. Niscaya performa mobil pribadi kita akan senantiasa prima dan aktivitas berkendara semakin lancar tanpa halangan.

Artikel Terkait

Hal-Hal Sederhana yang Mesti Dipahami Saat Merawat Mobil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.