Pengertian Autotomi dan Contohnya

Cicak
Ketika anda sedang iseng mengejar cicak di rumah anda, penahkah anda mengalami kejadian dimana cicak akan melepaskan ekornya? Mungkin bagi anda yang tidak mengerti akan merasa ngeri terhadap kejadian tersebut, karena mungkin cicak tersebut masih dapat berlari dan tidak merasa seperti kesakitan setelah kehilangan bagian ekornya. Namun, ternyata hal tersebut merupakan hal yang biasa bagi cicak dan merupakan ciri khas yang ada pada dirinya.

Hal yang dilakukan oleh cicak tersebut disebut autotomi. Lalu, apakah sebenarnya autotomi itu? Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai autotomi dibawah ini.

A.Pengertian Autotomi

Autotomi adalah kemampuan yang dimiliki oleh hewan tertentu sebagai mekanisme pertahanan dari predator dengan cara melepaskan salah satu bagian tubuh dan bagian tubuh yang dilepaskan tersebut akan tumbuh kembali. Contoh yang paling sering kita temui adalah kemampuan autotomi pada hewan cicak dan kadal.


B.Contoh Hewan Autotomi


Bagian ekor kadal yang lepas
Agar lebih mudah memahami, mari kita lihat hewan yang memiliki kemampuan autotomi disekitar kita, yaitu cicak.

Ketika sedang merasa terancam, cicak akan menggunakan kemampuan autotominya sebagai mekanisme pertahanan dirinya dengan cara memutuskan salah satu bagian tubuhnya, yaitu bagian ekornya. Hal ini dilakukan oleh cicak agar predator atau mahluk penggangu tersebut terkecoh dengan bagian ekor cicak yang bergerak-gerak dan memberikan waktu bagi cicak untuk melarikan diri dari predator atau mahluk penggangu tersebut. Setelah beberapa hari, bagian ekor cicak tersebut akan tumbuh kembali seperti semula.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Autotomi dan Contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi pengetahuan kepada pembaca mengenai kemampuan autotomi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.


Artikel Terkait

Pengertian Autotomi dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.