Mengenal Matcha Powder Khas Korea

Mengenal Matcha Powder Khas Korea
Rachmatalamsyah.com - Matcha kini telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Bentuk dan teksturnya yang berbeda dengan teh biasa membuat kandungan gizi yang terdapat didalam matcha menjadi terserap lebih maksimal dibandingkan dengan teh pada umumnya. Matcha dalam bahasa Jepang yang berarti teh bubuk. Matcha terbuat dari teh hijau yang dihancurkan keseluruhan daunnya hingga jadi bubuk. Karena semakin populer, maka semakin banyak pihak yang menjual matcha, seperti dari Tiongkok dan Korea. Walau berasal dari negara yang berbeda, namanya tetap matcha. Berupa bubuk berwarna hijau. Ingin tahu bagaimana ciri matcha powder khas korea? Artikel berikut akan menjelaskannya untuk Anda.

Secara geografis, Korea memang bertetangga dengan Jepang. Namun, ada perbedaan antara matcha di Korea dengan Matcha di Jepang. Di Korea, bubuk teh hijau disebut dengan malcha. Hampir sama seperti di China, malcha juga dikenal dalam waktu yang tidak selama matcha di Jepang. Kabarnya, teh di Korea juga menyertakan batang dan tulang daun pada tehnya, sedangkan di Jepang murni hanya daunnya saja. Selain itu, pada saat proses penanaman daun teh, malcha ditanam lebih singkat dibandingkan dengan matcha di Jepang.

Jika dilihat dari kandungan gizinya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menghasilkan jawaban pasti mengenai perbedaan khasiat dari malcha di Korea dan matcha di Jepang baik dari kandungan antioksidan, asam amino hingga L-Theanine pada teh hijau tersebut. Selain masalah kandungan gizinya, masalah timbal pun juga kerap menjadi perdebatan. Hal tersebut disebabkan karena saat mengonsumsi malcha maupun matcha kita mengonsumsi keseluruhan kandungan pada teh tersebut sehingga memperbesar potensi terserapnya zat timbal. Selain itu, daun teh juga dikenal dapat menyerap kandungan apapun yang ada didalam tanah termasuk timbal. Sehingga, apabila tanah di perkebunan teh tersebut mengandung timbal maka semakin besar pula potensi timbal terserap pada matcha atau malcha yang kita konsumsi.

Nah, itu tadi seputar malcha atau matcha khas korea. Semoga semakin menambah wawasan kita ya.

Artikel Terkait

Mengenal Matcha Powder Khas Korea
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.