Pengertian Enzim,Sifat dan Susunan Enzim serta cara kerja Enzim

Pengertian Enzim dan Sifat-sifatnya


Rachmatalamsyah.com - Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata "Enzim" dalam kehidupan kita. Didalam tubuh kita sendiri juga terdapat enzim yang dapat membantu reaksi kimia. Mulai dari mulut, usus, lambung, pankreas yang ada dalam tubuh kita memiliki enzim. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Enzim.

A. Pengertian Enzim

Enzim merupakan katalis yang berupa protein yang dihasilkan oleh sel. Katalis sendiri adalah senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi. Jadi, walaupun tanpa enzim, reaksi kimia tetap dapat berlangsung namun berjalan lambat, namun  dengan adanya bantuan enzim suatu reaksi kimia dapat berjalan dengan lebih cepat.

B. Sifat-sifat Enzim

Adapun beberapa sifat enzim diantaranya adalah :
  • Biokatalisator : Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, bahwa enzim dapat mempercepat berbagai reaksi kimia yang ada didalam sel dengan menurunkan energi aktivasi
  • Spesifik : Artinya suatu enzim tertentu hanya dapat mengadakan perubahan pada zat tertentu pula. Enzim tidak dapat melakukan reaksi pada reaksi yang bukan bidangnya
  • Enzim bekerja secara bolak-balik : Maksudnya, enzim tidak mempengaruhi arah reaksi sehingga dapat bekerja bolak-balik sampai akhirnya terjadi keseimbangan (ekuilibrium)
  • Enzim mudah terdenaturasi dalam suhu tinggi 
  • Pada suhu rendah enzim mengalami koagulasi
  • Termolabil : Artinya kerja enzim dipengaruhi oleh suhu, semakin rendah suhunya semakin lambat kerjanya, sedangkan semakin tinggi suhunya maka semakin cepat pula reaksi kimia yang dilakukan oleh enzim, namun jika suhu terlalu tinggi enzim akan terdenaturasi.
  • Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit dikarenakan sifatnya yang sebagai katalisator, sehingga tidak diperlukan dalam jumlah banyak. Asal enzim tidak rusak, maka enzim dapat terus bekerja
  • Enzim termasuk koloid
  • Memiliki nama tertentu yang bersifat khusus : Nama pertama merupakan nama molekul yang diikat, sedangkan nama kedua menunjukkan bentuk reaksi yang difasilitasi oleh enzim dan diberi akhiran ase.

C. Susunan Kimia Enzim

Susunan Enzim

Semua enzim tersusun atas protein, namun ada enzim yang hanya tersusun atas protein saja dan ada pula enzim yang tersusun atas protein yang terikat dengan zat yang bukan protein yang disebut dengan kofaktor. Konfaktor sendiri berfungsi untuk mengaktifkan aksi katalis enzim. Adapun 3 jenis kofaktor yaitu :
  • Gugus prostetik : Merupakan senyawa protein (apoenzim) yang terikat secara permanen dengan senyawa non-protein
  • Koenzim : Senyawa organik yang menjadi bagian sementara dari enzim, yaitu pada saat berlangsung katalisis
  • Ion logam : Dapat membentuk ikatan dengan sisi aktif dan substrat

D. Cara Kerja Enzim

Cara Kerja Enzim

Ada dua tahap kerja pada enzim. Pertama adalah enzim bergabung dengan substrat sehingga terbentuk kompleks enzim substrat [Substrat : Molekul yang terikat pada enzim]. Kemudian, Kompleks enzim substrat tadi terpisah dan menghasilkan produk serta enzim bebas. Proses terjadinya penggabungan enzim dengan substrat hanya terjadi dalam seketika saja. Satu molekul enzim dapat memproses jutaan molekul substrat, sehingga enzim tidak perlu banyak. Enzim juga tidak dihabiskan ketika bereaksi sehingga tubuh tidak perlu memproduksi enzim dalam jumlah banyak. Dalam enzim ada yang disebut dengan sisi aktif enzim. Sisi aktif enzim ini memiliki bentuk tertentu, sehingga substratnya pun harus memiliki bentuk yang sama dengan enzim tersebut, oleh karena itu enzim hanya dapat memproses suatu reaksi kimia tertentu dan tidak dapat memproses reaksi kimia yang lainnya.

E. Contoh Enzim Pencernaan pada manusia


Berikut adalah contoh enzim yang terdapat dalam proses pencernaan manusia :

Organ
Jenis Enzim Pencernaan
Fungsi Enzim Pencernaan
Kelenjar air liur
Enzim Ptialin atau amilase
Mencerna amilum menjadi maltose
Lambung
Asam Lambung (HCl)
Membunuh bakteri yang masuk kedalam saluran pencernaan

Renin
Mengubah kaseinogen menjadi kasein

Pepsin
Mengubah protein menjadi pepton
Pankreas
Tripsin
Mengubah protein menjadi polipeptida

Lipase Pankreas
Mengemulsikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol

Amilase Pankreas
Mengubah amilum menjadi disakarida

Karbohidrae Pankreas
Mencerna amilum menjadi maltose
Usus halus
Maltase
Mengubah maltose menjadi glukosa

Laktase
Mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa

Enterokinase
Mengubah tripsinogen menjadi tripsin

Lipase
Mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak

Peptidase
Mengubah polipeptida menjadi asam amino

Sukrase
Mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian enzim beserta sifat-sifatnya. Semoga dengan adanya artikel ini para pembaca sekalian dapat mengetahui apa itu enzim dan apa saja sifat dari enzim tersebut. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D


Artikel Terkait

Pengertian Enzim,Sifat dan Susunan Enzim serta cara kerja Enzim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.