Ulasan Seputar Penyebab dan Akibat Kanker Payudara

Ulasan Seputar Penyebab dan Akibat Kanker Payudara
Rachmatalamsyah.com - Beberapa penyakit memiliki tujuan serangan yang lebih spesifik tergantung dari jenis penyakit tersebut. Kanker misalnya, kanker merupakan sel abnormal yang bisa merusak tubuh dan dapat terjadi pada pria maupun wanita. Meski begitu ada juga type kanker yang hanya menyerang salah satu kaum saja seperti kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita. Kanker payudara merupakan kanker yang menyerang pada sel di payudara wanita atau di kelenjar susunya. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan seorang wanita menderita jenis kanker ini yang harus diketahui sebagai antisipasi. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda juga perlu tahu cara-cara pengobatan kanker payudara yang dikelompokkan menjadi beberapa cara.

Penyebab kanker sendiri belum bisa dipastikan dengan jelas, namun sebagian besar tenaga kesehatan dan peneliti setuju jika kanker  erat kaitannya dengan kebiasaan hidup sehari-hari. Faktor lingkungan seperti zat polutan dan radiasi juga turut menjadi faktor penyebab munculnya sel kanker dalam tubuh manusia. Selain dari kebiasaan hidup sehari-hari, sel kanker terutama kanker payudara dan kanker servic juga disebabkan oleh faktor keturunan. Meski sebenarnya kanker bukan merupakan penyakit turunan namun gen tertentu yang diturunkan memiliki resiko terkena kanker lebih besar. Hal ini membuat wanita dengan ibu atau nenek yang memiliki kanker ataupun tumor jinak harus lebih waspada.

Momok menakutkan kanker payudara pada wanita sebenarnya bisa diatasi asalkan tidak berada pada stadium yang sudah lanjut. Ada beberapa cara untuk mengobati kanker yang bisa dilakukan seperti:

●    Bedak atau pengangkatan sel tumor.
●    Radioterapi.
●    Kemoterapi.
●    Terapi hormon.

Prosedur bedah sendiri dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya adalah bedah untuk mengambil sel tumor saja yang masih kecil dan bedah untuk mengambil payudara seutuhnya untuk kanker yang sudah mengganas. Untuk bedah sebagian, dapat dilakukan jika stadium kanker masih berada di stadium 1 dan 2 dimana sebelumnya pasien juga telah melakukan kemoterapi untuk mengecilkan sel kanker sehingga bisa diangkat dengan lebih mudah. Namun untuk kanker yang telah menyebar ke berbagai organ lain misalnya kelenjar getah bening, pengangkatan payudara secepatnya harus dilakukan beserta tindakan lainnya.


Artikel Terkait

Ulasan Seputar Penyebab dan Akibat Kanker Payudara
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.