Fungsi dari Alat Uji Beban Listrik

Fungsi dari Alat Uji Beban Listrik
Fungsi dari Alat Uji Beban Listrik

Rachmatalamsyah.com - Alat yang digunakan untuk menguji beban listrik adalah load Bank. Alat ini merupakan mesin atau perangkat yang mengembangkan beban listrik pada sumber daya listrik serta mengubah produksi daya yang dihasilkan sebuah sumber listrik. Berikut adalah fungsi dari alat uji beban listrik :

1. Alat untuk synchronizing test

Alat uji beban mempunyai fungsi sebagai simulator. Sebelum proses sinkronisasi berjalan dengan optimal sangat diperlukan pengaturan dan pengetesan dengan alat uji beban dengan tujuan proses sinkronisasi tidak mengganggu instalasi kelistrikan yang sedang berjalan.

2. Alat untuk mengetes UPS dan System Battery

Alat uji beban berfungsi untuk menguji kemampuan baterai yang juga berfungsi sebagai media pembebasan dari baterai.

3. Alat untuk pemindah beban

Alat uji beban sangat berperan penting sebagai alat untuk memindahkan beban pada instalasi listrik. Alat ini berfungsi untuk menghindari efek dari kelebihan kecepatan pada genset atau generator set. Apabila listrik mati secara tiba-tiba makan beban listrik langsung dipindahkan pada alat uji beban sehingga generator set tetap dalam kondisi stabil. Hal inilah yang menjadikan alat uji beban menjadi solusi listrik untuk industri maupun untuk lainnya.

4. Alat untuk mengetes gas engine, mesin turbin, dan diesel genset.

Alat uji beban bisa berfungsi sebagai alat pengetesan gas engine, mesin turbin, maupun diesel genset yang telah beroperasi lebih dari empat belas ribu jam untuk mengetahui angka penurunan kapasitas dari mesin tersebut. Hasil dari tes tersebut dapat digunakan untuk acuan sekaligus data untuk servis sehingga penampilan mesin genset selalu dalam kondisi bagus. Ada beberapa alasan mengapa genset harus dilakukan uji beban penyimpanan setiap tahunnya. Alasan tersebut antara lain untuk mengoptimalkan kemampuan generation set sebagai sumber daya listrik cadangan, menemukan masalah yang signifikan, mencegah permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang, membantu dalam membersihkan serta mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan genset, dan memverifikasi sistem pendingin pada mesin genset. 

Demikian adalah beberapa fungsi dari alat uji beban yang sangat membantu dalam melakukan tes pada genset, baterai, dan lain sebagainya.

meta : Alat yang digunakan untuk menguji beban listrik adalah solusi listrik untuk industri Alat ini merupakan mesin atau perangkat yang mengembangkan beban listrik pada sumber daya listrik serta mengubah produksi daya yang dihasilkan sebuah sumber listrik.


Artikel Terkait

Fungsi dari Alat Uji Beban Listrik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar,saya akan menampilkan komentar anda segera setelah saya setujui.