-->

ASUS TUF Gaming F15 (FX506), Semakin Powerful dan Tetap Terjangkau

ASUS TUF Gaming F15 (FX506), Semakin Powerful dan Tetap Terjangkau
ASUS TUF Gaming F15 (FX506)

Rachmatalamsyah.com - Memiliki laptop gaming yang powerful merupakan dambaan semua gamer. Namun perlu diketahui bahwa sebuah laptop gaming yang baik tidak hanya sekadar memiliki performa yang powerful. Memiliki performa yang powerful memang merupakan aspek yang sangat penting dari sebuah laptop gaming karena pengalaman gaming terbaik berawal dari performa yang bisa dilihat dari spesifikasi laptop di atas kertas.Meski demikian, perlu diingat juga bahwa melalui laptop gaming Anda bisa melakukan hal lain selain bermain game. Untuk itulah Anda harus bisamelihat sejauh mana potensi yang diberikan dari sebuah laptop gaming. 
 
Sebuah laptop gaming boleh tampil sangat powerful. Namun jika tidak dilengkapi dengan opsi upgrade yang cukup maka kegunaannya akan sangat terbatas. Jika laptop tersebut tidak memiliki port yang lengkap, maka Anda tidak akan dapat menghubungkan berbagai perangkat lain untuk memaksimalkan pengalaman gaming atau skenario penggunaan lainnya. Jika tidak dilengkapi dengan teknologi layar gaming terkini maka Anda tidak akan bisamenikmati sajian grafis modern dengan baik. Jika tidak dilengkapi dengan sistem pendingin yang baik, maka performa hardware yang digunakan tidak akandapat dihadirkan secara optimal.
 
ASUS TUF Gaming F15 (FX506)
 
Berbagai “persyaratan” tersebut memang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai laptop gaming premium yang dibanderol dengan harga tinggi. Sayangnya, tidak banyak laptop gaming dengan banderol harga terjangkau yang telah memenuhi berbagai “persyaratan” di atas. ASUS TUF Gaming F15 merupakan salah satu laptop gaming terjangkau yang bisa memenuhi semua ekspektasi tersebut. Bagaimana bisa?
 
Tetap Ringkas, Tangguh, dan Mudah Di-Upgrade

Meski ukuran panjang dan lebarnya sama dengan generasi sebelumnya, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini hadir dengan bodi yang lebih tipis. Menariknya lagi, laptop gaming tersebut kini dilengkapi dengan baterai yang lebih besar namun tetap memiliki opsi port dan upgrade yang lengkap.Selain berbeda dari sisi dimensi bodi, TUF Gaming F15 (FX506) kini juga hadir dengan tampilan dan logo baru. Logo TUF Gaming kini tampil lebih simpel yang tetap menggambarkan nuansa modern sekaligus tangguh. Berbicara soal ketangguhan, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga telah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H yang artinya telah lolos berbagai pengujian ketahanan berstandar militer AS.

ASUS TUF Gaming F15 (FX506), Semakin Powerful dan Tetap Terjangkau

Yang paling menarik dari TUF Gaming F15 (FX506) terbaru adalah tersedianya opsi upgrade yang melimpah. Seluruh lini produk TUF Gaming F15 (FX506) terbaru hadir dengan dua slot DDR4 SO-DIMM RAM yang dapat menampung memori dengan kapasitas total hingga 32GB. Laptop gaming ini juga telah menggunakan M.2 NVMe PCIe Gen3 SSD berkapasitas 512GB dan Anda masih bisa menyematkan satu lagi M.2 PCIe SSD di laptop inipada slot kedua yang disediakan. Dengan demikian, Anda tetap leluasa melakukan upgrade serta tetap mendapatkan opsi upgrade penyimpanan dan memori terbaik. 
 
Di samping opsi upgrade yang cukup melimpah, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar dibandingkan seri pendahulunya. Kini TUF Gaming F15 (FX506) terbaru memiliki baterai berkapasitas hingga 90Whr atau sekitar dua kali lipat dari seri TUF Gaming generasi sebelumnya. Berkat kapasitas baterai yang lebih besar, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru tetap nyaman digunakan sebagai laptop gaming yang memiliki daya tahan baterai cukup panjang.

Dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru mampu bertahan hingga lebih dari 5 jam penggunaan. Angka tersebut tergolong cukup bagus untuk sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari rata-rata laptop consumer mainstream meski bukan yang terbaik.

Agar dapat tampil lebih stylish, TUF Gaming F15 (FX506) telah hadir dengan keyboard yang mendukung fitur RGB backlit. Keyboard tersbeut juga diposisikan secara ergonomis dan mengikuti layout keyboard desktop yang sangat digemari oleh gamer. Teknologi Overstroke pada keyboard TUF Gaming F15 (FX506) juga memastikan setiap input tidak terlewatkan dan setiap tombol dapat bertahan hingga 20 juta kali tekan.

Port dan Fitur Audio Lengkap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, port lengkap pada sebuah laptop gaming adalah sebuah keharusan. Port yang lengkap memungkinkan pengguna laptop gaming untuk menghubungkan berbagai perangkat lainnya. Apalagi di dunia gaming, banyak sekali perangkat tambahan yang bisa dihubungkan untuk meningkatkan pengalaman bermain, mulai dari controller, HOTAS, hingga mouse atau bahkan keyboard gaming.


Untuk itulah ASUS tetap menghadirkan TUF Gaming F15 (FX506) terbaru dengan port yang lengkap. Tidak hanya USB Type-A dan Type-C, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga dilengkapi dengan port HDMI sehingga Anda dapat lebih mudah saat menghubungkan monitor eksternal. Monitor eksternal juga dapat dihubungkan menggunakan port USB Type-C yang juga telah mendukung fitur Display Port. Di beberapa varian TUF Gaming F15 (FX506) terbaru, posrt USB Type-C yang digunakan bahkan mendukung teknologi Thunderbolt 4. Teknologi port tersebut memiliki bandwidth yang lebih besar untuk kecepatan transfer data yang lebih baik. Thunderbolt 4 juga mendukung penggunaan layar eksternal beresolusi tinggi yaitu hingga 8K.